Anggota DPR RI Sosialisasi Program Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Jember

Anggota Komisi X DPR RI diwawancarai awak media. (Foto: Zainul Hasan)
Anggota Komisi X DPR RI diwawancarai awak media. (Foto: Zainul Hasan)

JEMBER – Dalam upaya mendukung program wajib belajar 13 tahun, Anggota Komisi X DPR RI, H Muhamad Nur Purnamasidi, mengadakan workshop pendidikan untuk menyosialisasikan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Jember, Kamis (18/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Purnamasidi menjelaskan pentingnya penambahan satu tahun pendidikan PAUD dalam program wajib belajar di Indonesia.

“Karakter anak-anak itu terbentuk di PAUD, bukan di SD. Oleh karena itu, suasana hati anak-anak selama proses transisi dari PAUD ke SD haruslah bahagia,” ucap Purnamasidi.

Dalam sosialisasi program ini, Purnamasidi menekankan bahwa pemahaman tentang program ini seharusnya tidak hanya dimiliki oleh pihak sekolah atau guru-guru saja, namun juga perlu dipiliki ibu-ibu yang memiliki anak usia PAUD.

Hal ini agar proses belajar mengajar di PAUD berjalan dengan baik dan menghasilkan output yang optimal.

“Jadi saya berharap ke depan, selain objeknya adalah sekolah dan guru, juga penting melibatkan orang tua murid, terutama ibu-ibu, agar juga bisa menjadi sasaran objek dari sosialisasi program ini,” ujar Purnamasidi.

Program wajib belajar 13 tahun telah berjalan sejak 2019, namun penganggarannya baru maksimal 2-3 tahun lalu. 

“Dengan adanya workshop ini, diharapkan program transisi dari PAUD ke SD dapat berjalan dengan menyenangkan sesuai harapan kita semua,” pungkas Purnamasidi.

Penulis: Zainul Hasan
Editor: Supriadi

Pos terkait