BPBD Jember Tingkatkan Kemampuan TRC dalam Penyelamatan di Air

JEMBER – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, telah meningkatkan kemampuan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam melakukan pertolongan dan penyelamatan korban kecelakaan air.

Hal ini ditunjukkan melalui pelaksanaan latihan penyelamatan air di Sungai Induk Bedadung, Desa Curah Malang, Kecamatan Rambipuji, Jember pada Rabu Sore (10/07/2024).

Sebanyak 30 personel TRC BPBD Jembe turut serta dalam latihan penyelamatan air yang digelar di Sungai Induk Bedadung tersebut.

Dalam latihan yang melibatkan Pos SAR Basarnas Jember ini, personel TRC BPBD Jember dilatih agar mampu berlari, berenang, dan mendayung perahu karet secepat mungkin menuju titik penyelamatan.

“Mereka harus mampu mengangkat korban kecelakaan air dari sungai ke atas perahu karet yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian pertolongan pertama hingga menuju mobil ambulan,” ujar Widodo Julianto, Kepala BPBD Kabupaten Jember.

Widodo Julianto juga menyatakan, selain menggelar latihan penyelamatan air, BPBD Jember juga menggelar latihan-latihan lainnya, agar seluruh personelnya lebih sigap dan cepat dalam memberikan pertolongan bagi korban bencana alam dan non bencana alam.

Penulis: Zainul Hasan
Editor: Supriadi

Pos terkait