Kesbangpol DKI Jakarta Gelar 3 Lomba Berhadiah Puluhan Jutaan Rupiah

  • Whatsapp

JURNAL BANGSA.COM – KEMAJEMUKAN etnis, budaya, agama merupakan aset kemajuan yang harus terus dibina dan dikembangkan pemerintah DKI Jakarta.

Karena itu, guna mengembangkan kreatifitas dalam memajukan kemajemukan ini, Badan Kesatuan Politik DKI Jakarta (Bakesbangpol) mengadakan 3 lomba sekaligus dengan hadiah puluhan juta rupiah. 

“Kami menantang kaum milineal Jakarta untuk memberikan karya terbaiknya guna mengikuti kegiatan lomba Video Klip dan Mars FPK, Festival Pantun Nasional, dan Festival Film Dokumenter pendek,” ujar Kepala Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakrie, M.Si ditemui dikantornya di Balaikota lantai 15, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Menurut Taufan, ketiga lomba ini diadakan untuk terus memantapkan pembauran kebangsaan dan pelestarian Bhineka Tunggal Ika guna memelihara kerukunan nasional serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam NKRI.

“Kerukunan antara elemen budaya, etnis dan agama penting dijaga agar Jakarta bisa menjadi model bagi pembinaan kerukunan nasional karena posisinya sebagai ibukota,” imbuh orang nomor satu di Kesbangpol DKI ini.

Taufan menambahkan, Jakarta menjadi tempat simpul interaksi kerukunan dan pembauran nasional. Karena itu, di kota ini kita ingin menjadi banchmark atau model kerukunan antar semua golongan, dan komponen. Kalau di sini terjadi komunikasi, interaksi, lalu gotong royong/ kerja bersama, insya Allah Jakarta menjadi inspirasi bagi Indonesia.

Disebutkan, keharmonisan antar suku bangsa, ras, dan agama yang ada di Jakarta hendaknya terus  dirawat dan ditingkatkan bersama-sama melalui forum-forum yang ada.

“Karena itu, melalui lomba-lomba yang kami gelar ini kami berharap lomba ini memberikan manfaat bagi upaya memantapkan kerukunan, pembauran, kesatuan dan persatuan bangsa kita,” imbuhnya.

Terkait hadiah, lanjut Taufan, Pemerintah akan bekersama dengan swasta menyediakan hadiah puluhan juta rupiah bagi yang beruntung memenangkan lomba ini.

“Untuk Lomba Videokilp Mars Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) disediakan hadiah Rp10 juta,” gugahnya.

Di tempat yang sama, Kasubdit Pembauran Kesbangpol DKI Jakarta, Herlina, SH, MH menambahkan bahwa kegiatan Lomba Videoklip Mars FPK ini terselenggara dengan kolaborasi Dewan Adat Dayak (DAD), Festival Pantun Nasional  bekerjasama dengan Badan Penghubung Provinsi Riau melalui anjungan Provinsi Riau di TMII Jakarta, Festival Film Dokumenter pendek kerjasama dengan insan Apresiasi Film Nusantara (APN), dan masyarakat, dan yang tidak ketinggalan pelibatan semua FPK di lima wilayah kota dan FPK Kabupaten Kepulauan Seribu.. (***)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *