Sejak Deklarasi, Anies Banjir Dukungan

  • Whatsapp

Tony Rosyid
Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

Deklarasi di Gedung Juang 45 Jakarta yang mendukung Anies for Presiden 2024 seolah mengawali sebuah perahu itu untuk siap berlayar. Anies dipaksa untuk segera naik perahu itu.

Read More

Ketika layar terkembang, banyak orang mulai berebut untuk ikut naik perahu. Gak ingin ditinggalkan atau ketinggalan. Meski jadual pemberangkatan masih cukup lama.

Emang betul Anies mau nyapres? Tanya sebagian orang yang masih ragu. Ini pertanyaan bodoh. Kalau Anies tidak membuat pernyataan menolak deklarasi-deklarasi itu, berarti siap nyapres. Gitu aja ditanyain, kata netizen.

Menjadi pemimpin, termasuk presiden, itu panggilan rakyat. Kalau rakyat menginginkan, tidak boleh ada yang menolaknya. Dalam konteks ini, niat mesti diluruskan.

Ada juga yang nanya: diusung partai apa? Ini juga pertanyaan yang sama bodohnya. Kalau elektabilitas Anies tinggi, maka partai akan mendekat. Itu otomatis. Rumusnya: partai ingin menang. Maka, partai-partai hanya akan mencalonkan tokoh yang diyakini berpotensi menang. Ukurannya? Elektabilitas!

Ini berlaku untuk semua tokoh, juga untuk semua partai. Semua punya rumus dan standar yang sama. Dukung yang akan menang.

Umumnya para pendukung Anies yakin bahwa Anies layak jadi “the next presiden”. Ini nampak dari antusiasme mereka di berbagai daerah yang mendeklarasikan Anies. Sudah belasan daerah di Indonesia deklarasi Anies. Hampir tiap minggu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *