Tak Sombong, Ini Gelar Akademik Ustadz Abdul Somad

  • Whatsapp
Ustaz Abdul Somad, bila ditulis berikut titelnya adalah Ustadz Prof H Abdul Somad Batubara, Lc ,D.E.S.A., PhD. (Foto : Ist)

Jakarta, Jurnalbangsa.com – Gelar akademik Ustadz Abdul Somad  alias UAS cukup membanggakan. Pada tahun lalu, penceramah kondang yang bersahaja ini menyandang gelar Profesor Pelawat dari Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Brunei Darussalam.

Jadi kalau ditulis secara utuh nama dan gelar UAS adalah Ustadz Prof H Abdul Somad Batubara, Lc ,D.E.S.A., PhD. UAS adalah ulama kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara pada 18 Mei 1977.

Read More

akademik sepanjang itu, UAS juga memiliki gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara.

Sang ayah merupakan seorang petani keturunan Melayu Riau. Sedangkan sang ibu keturunan Syekh Abdurrahman atau dikenal sebagai Syekh Silau Laut.

Syekh Silau Laut merupakan ulama sufi beraliran Tarekat Syattariyah Batu Bara di Sumatra Utara.

Semasa kecil, Abdul Somad dididik melalui sekolah berbasis Tahfidz Al-Qur’an. Pada tahun 1990 UAS menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SD Al-Washliyah Medan. Lalu melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan dan lulus pada 1993.

Selama satu tahun, Abdul Somad melanjutkan ke Pesantren Darularafah Deliserdang, Sumatra Utara. Lalu pada 1994, UAS melanjutkan sekolahnya di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Riau hingga 1996.

Abdul Somad sempat berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada 1996-1998 sebelum akhirnya melanjutkan ke Universitas Al-Azhar Mesir.

Setelah mendapat gelar Lc, Abdul Somad melanjutkan program S2 nya di Universiti Kebangsaan Malaysia, namun hanya sempat berkuliah selama dua semester.

Pada 2004, UAS mendapatkan beasiswa program S2 di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat dan mendapat gelar D.E.S.A pada 2006.

Lalu Abdul Somad melanjutkan pendidikan S3 nya di Universitas Islam Omdurman Sudan dan menyelesaikannya pada 2019.

Pada tahun 2012, Ustadz Abdul Somad menikahi Mellya Juniarti dan dikaruniai putra bernama Mizyan Hadziq Abdillah.

Kemudian pada 2021, Ustadz Abdul Somad menikah dengan Fatimah Az-Zahra.

Karena memiliki ilmu pengetahuan yang cukup luas, UAS diketahui aktif mengabdikan diri di berbagai lembaga pendidikan sebagai dosen.

UAS sempat menjadi Dosen Bahasa Arab serta Dosen Tafsir dan Hadits di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan Dosen Agama Islam di STAI Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

Selain itu, Ustadz Abdul Somad sempat menjabat sebagai anggota MUI, anggota Badan Amil Zakat, dan Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il NU Provinsi Riau.

Di tengah kesibukannya berdakwah, UAS banyak menerjemahkan kitab berbahasa Arab ke bahasa Indonesia. Selain itu, UAS pun telah menulis sekitar 15 buku. (sindo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *