AS Terkejut Tentara Afghanistan Dilatih 20 Tahun Runtuh dalam Sekejap

  • Whatsapp

Washington, Jurnalbangsa.com – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengatakan runtuhnya tentara  Afghanistan dalam sekejap saat menghadapi Taliban telah mengejutkan Pentagon. Sebab, Pentagon sudah melatih tentara Kabul dalam sekitar 20 tahun.

Pernyataan Austin itu disampaikan kepada Kongres AS pada Selasa (28/9/2021), ketika para pemimpin militer Amerika menghadapi sidang Senat yang kontroversial tentang bagaimana dan mengapa Amerika kalah dalam perang terpanjangnya.

Para anggota Parlemen dari Partai Republik menuduh Presiden Joe Biden berbohong tentang rekomendasi dari militernya bahwa beberapa pasukan harus dipertahankan di Afghanistan.

Bahkan Partai Demokrat, partainya Biden, menyatakan frustrasi dengan penarikan kacau yang menyebabkan 13 tentara AS tewas dan banyak warga Amerika masih tertinggal di Afghanistan.

Peringkat persetujuan Biden telah rusak parah oleh keruntuhan spektakuler upaya perang dua dasawarsa bulan lalu, dengan gambar menyakitkan dari warga Afghanistan yang sangat bergantung pada pesawat militer AS ketika mereka mencoba melarikan diri dari kekuasaan Taliban.

Sebanyak 13 tentara AS tewas dalam serangan bom bunuh diri pada 26 Agustus yang mencoba mengamankan upaya evakuasi, yang pada akhirnya mengandalkan dukungan dari militan Taliban, musuh lama AS.

Jenderal Mark Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan, dan Jenderal Frank McKenzie dari Komando Pusat AS juga mengakui kecepatan Taliban dalam mengambil alih kekuasaan dan runtuhnya pemerintah Afghanistan yang didukung AS.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *